Berita

Universitas Batam Wisuda 518 Lulusan Periode ke-XVIII Tahun 2021

Batam | BENEWS.co.id – Gegap gempitanya prosesi wisuda banyak dilakukan oleh lembaga-lembaga pendidikan tinggi, bahkan yang bukan perguruan tinggi pun juga ikut-ikut melaksanakan kemeriahan pelepasan para siswanya dengan suatu kegiatan yang bernama wisuda.
Universitas Batam juga tidak mau ketinggalan dengan moment yang ditunggu-tunggu oleh semua orang khususnya para mahasiswa dan orang tuanya.

Setiap mahasiswa pada akhir studinya akan mengikuti prosesi Wisuda, Sebagai suatu aktifitas sakral dalam suatu pendidikan tinggi.

Universitas Batam melaksanakan wisuda pada hari Sabtu tanggal 20 November 2021 di Gedung Graha Bintang yang berada dikawasan kampus Universitas Batam.

Acara yang menjadi gawaian tahunan di Universitas Batam ini terselenggara dengan sukses berkat dukungan penuh dari Ketua Yayasan Griya Husada Batam bapak Dr.H.Rusli Bintang dan Wakil Rektor II Ibu Dr. Angelina Eleonora Rumengan., S.Kom.,M.MSi.

Wisuda diawali dengan pembukaan Rapat Senat Sidang terbuka oleh ketua senat Universitas Batam yaitu Bapak Dr. H.Soeryo Respatino,SH.,MH didampingi oleh Rektor Universitas Batam Prof Dr Ir H Chablullah Wibisono MM, Wakil Rektor I Dr.Elli Widia.,S,Pd.,MM.Pd, Wakil Rektor II Dr. Angelina Eleonora Rumengan.,S.Kom.,M.MSi, Wakil Rektor III Dr. Mohamad Gita Indrawan.,ST.,MM dan para dekan dilingkungan Universitas Batam serta Kepala Lembaga dilingkungan Universitas Batam.

Dalam rangkaian yang acara wisuda Universitas Batam memiliki tradisi menyantuni anak yatim, sebanyak 550 anak yatim juga ikut berbahagia pada hari wisuda ini. Acara santunan kepada anak yatim ini menjadi rangkaian wajib acara wisuda di Universita Batam.

Ada beberapa rangkaian yang tidak dilaksanakan yaitu acara sungkeman kepada kedua orang tua yang merupakan tradisi budaya Melayu yang sarat makna. Covid 19 yang belum usai mengharuskan kita tetap jaga prokes dengan 5 M, sehingga beberapa acara tidak dilaksanakan dalam prosesi wisuda tersebut.

Persyaratan yang wajib dilakukan oleh mahasiswa dan panitia yaitu wajib sudah di vaksin, namun jika belum divaksin diwajibkan harus test Antigen terlebih dahulu. Universitas Batam mempersiapkan tim dokter dan ambulance untuk bisa melayani kelengkaan pelayanan kesehatan selama acara berlangsung.

Wisuda menjadi moment berharga buat para mahasiswa yang telah menyelesaikan studinya. Juga para orang tua dan keluarga tersayang akan ikut merasa bangga dan gembira atas selesainya masa studi putra, saudara atau yang dikasihinya.

Universitas Batam menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas dan berahlaq mulia, tidaklah semudah membalik telapak tangan dan butuh waktu yang lama.

Sangat membutuhkan proses belajar mengajar yang baik dan berkualitas, baik dari Guru atau Dosen harus berbasis Ulama dan Ilmuwan bagai dua sisi mata uang yang sama disebut Ulil Albab sehingga menghasilkan Lulusan yang beriman dan beramal sholeh serta Berakhlak Mulia.

Universitas Batam sangat memperhatikan sarana dan prasarana pendidikan dan pembelajaran, RPKPS, administrasi pendidikan yang baik, Penjaminan Mutu yang kontinyu, LPPM, Laboratorium dan Perpustakaan yang lengkap dan lain sebagainya.

Universitas Batam menghasilakan SDM yang siap berkompetisi pada Era Global, pada Era Pandemik, pada Era Revolusi Industri 5.0 dan Sosial 6.0.

Dalam wisuda yang ke XVIII Tahun ajaran 2021-2021kali ini, Universitas Batam akan melantik sebanyak 518 wisudawan/wisudawati. Dan yang paling banyak berasal dari Fakultas Kedokteran sebanyak 361 orang, Profesi dokter sebanyak 211, pendidikan dokter sebanyak 106, keperawatan dan kebidanan sebanyak 42 orang serta Psikologi sebanyak 2 orang. Psikologi pada periode ini mewisuda mahasiswa perdana.

Psikologi merupakan salah satu program studi andalan Fakultas Kedokteran karena jurusan program studi ini langka dan satu di kepulauan Riau, hanya dimiliki oleh Universitas Batam.

Pada kesempatan ini Kami civitas academika UNIBA mengucapkan selamat datang dan terima kasih yang tak terhingga kepada bapak Kepala LL-Dikti Wilayah X, Bapak Gubernur Kepuluan Riau dan Walikota Batam beserta rombongan yang telah berkenan hadir pada acara wisuda UNIBA ini.

Ucapan Terima kasih yang sebesarnya kepada Panitia Wisuda ke-XVIII Universitas Batam yang telah mempersiapkan acara ini dengan sangat baik sekali, semoga Allah membalas dengan pahala yang berlipat ganda, Aamiin.

Sambutan Rektor Universitas Batam Prof Dr.,Ir.,H.Chabullah Wibisono.,MM. mengatakan “Ucapan selamat dan sukses tak lupa kami sampaikan kepada seluruh wisudawan dan wisudawati atas telah selesainya Bapak/Ibu/saudara/saudari menempuh pendidikan di UNIBA baik jenjang D3, D4, S1, Profesi dan S2, semoga ilmu yang di peroleh dapat dibaktikan untuk kepentingan Agama, Nusa, Bangsa dan Negara dan kehidupan masa depan saudara-saudari sekalian.

Selama menempuh perkuliahan di Universitas Batam, tentu banyak ujian suka dan duka yang alami selama pendidikan, namun ingatlah, itu belum seberapa dibandingkan dengan ujian dan tempaan yang akan dihadapi di tengah-tengah masyarakat.

Ujian di masyarakat jauh lebih sulit dan lebih berat dari apa yang dibayangkan, namun yakin dan percaya dengan ilmu, kedewasaan dan karakter yang dimiliki, akan membantu menjadi lebih tegar, kuat, tabah dan sabar dalam menghadapi setiap gelombang kehidupan.

Sukses untuk para wisudawan / wisudawati semoga tampil sebagai pribadi yang berguna bagi diri sendiri, kelurga, masyarakat dan bangsa yang kita cintai ini.

Oleh : Dr. Elli Widia.,S.Pd.,MM.Pd
Wakil Rektor I Universitas Batam

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© UNIBA 2020