PANDUAN AKADEMIK FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS BATAM

PANDUAN AKADEMIK FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS BATAM

Memasuki tahun ajaran baru, Fakultas Teknik Universitas Batam mendistribusikan buku panduan untuk mahasiswa dan mahasiswi untuk fakultas tersebut. Adapun tujuan di distribusikannya buku panduan ini adalah agar mahasiswa dan mahasiswi fakultas tersebut mengetahui hal – hal administratif mengenai fakultas dimana mereka sedang menjalankan aktivitasnya. Berikut adalah salah satu sambutan yang menekankan pentingnya Fakultas Teknik Universitas Batam membuat panduan oleh Ibu Nurhatisyah, ST, SST, M.Kom selaku ketua tim penyusun panduan akademik :

Buku Pedoman Akademik Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Batam ini , mengacu pada Pedoman Akademik yang diterbitkan oleh Universitas Batam, walaupun dalam beberapa ketentuan adanya hal yang belum disesuaikan antara Pedoman Akademik Universitas dengan Pedoman Akademik mahasiswa Fakultas Teknik. Buku Pedoman Akademik Mahasiswa FT yang secara administrasi akademik mengacu pada buku Panduan Akademik Universitas tersebut, terutama menyangkut hal-hal umum seperti informasi tentang fasilitas pembelajaran, ketentuan tentang IP dan IPK, KRS, pembiayaan serta ketentuan tentang cuti kuliah.

Satu hal penting yang ingin kami tekankan dalam Buku Panduan Akademik Mahasiswa ini adalah metode keilmuan yang hendak dikembangkan oleh Fakultas yang membedakan prodi di bawah FT dengan Prodi yang sama di PT lain. Prinsip pengembangan keilmuan berpijak pada lima aspek, yakni: menerima, mengoreksi, mengganti, melakukan internalisasi kesadaran ketuhanan, dan menambah atau mengembangkan kreativitas untuk menemukan teori-teori baru. Dengan demikian, Fakultas Teknik siap melakukan studi kelayakkan dan kritik terhadap teori-teori eksakta yang ada, tetapi dalam waktu yang sama bisa menerima dan menggunakan teori-teori yang dikemukanan oleh ditemukan oleh pihak-pihak lain. Sebagai implikasinya, FT sedang mengembangkan keterbukaan (inklusivitas) melalui kerjasama dengan berbagai pihak untuk pengembangan teori-teori keilmuan yang netral dan universal.

Lebih detail anda tentang Panduan Akademik Fakultas Teknik bisa unduh disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *