Laboratorium

Laboratorium

Laboratorium Kesehatan Terpadu ( Labkesdu )

Berdiri sebagai sebuah bangunan yang terpisah dari induk, di atas tanah yang luasnya sekitar 0,12 ha dengan total 28 ruangan , Labkesdu diresmikan pada tanggal 28 Juli 2007 oleh Prof. DR.Ir. Novirman Jamarun, MSc  (Koordinator Kopertis Wilayah X saat itu  dan sekarang menjabat sebagai Rektor Universitas Batam saat ini ) dan Drs. H Ismeth Abdullah (Gubernur Kepulauan Riau ).

 

Labkesdu merupakan tempat pelatihan keterampilan klinis dan praktikum yang bersifat terpadu baik bagi Prodi Keperawatan D3 dan S1, Prodi Kebidanan D3 dan D4, dan Prodi Kedokteran Umum yang bernaung di bawah Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Batam. Yang dimaksudkan dengan terpadu disini adalah, Labkesdu dapat dipergunakan secara bersamaan baik oleh Prodi Keperawatan, Kebidanan , maupun Kedokteran FKIK. Dan konsep “ integrated “ tersebut juga berarti Labkesdu bukan hanya menyediakan praktikum untuk suatu bidang ilmu tertentu melainkan merupakan tempat pelatihan keterampilan klinis (Skill Lab ) dan praktikum biomedis bagi hampir seluruh cabang ilmu yang ada di FKIK Universitas Batam.

Untuk melayani the great konsep ini, Labkesdu telah diperlengkapi dengan peralatan canggih untuk kegiatan skill lab dan praktikum biomedis di bidangnya. Tercatat hingga tahun 2014 , terdapat 227 peralatan Labkesdu yang digunakan untuk menunjang skill lab dan praktikum biomedis mahasiswa FKIK. Jenis dan jumlah peralatan terus bertambah setiap tahunnya untuk melengkapi kebutuhan praktikum mahasiswa.

Kami dari pihak Labkesdu selalu akan berjuang untuk memberikan yang terbaik bagi para mahasiswa sehingga pada nantinya kita harapkan lulusan FKIK Universitas Batam adalah yang terbaik di bidangnya masing – masing.

Struktur Organisasi

Prestasi Labkesdu

Meskipun baru berumur kurang dari 7 tahun, Labkesdu kita yang tercinta ini telah sedikit demi sedikit berhasil menunjukkan eksistensinya di kancah dunia pendidikan, baik di regio Kopertis Wilayah X, maupun tingkat nasional. Kesemuanya itu tak lain adalah hasil perjuangan yang panjang dari seluruh tim Labkesdu yang ceria serta solid, dorongan dan atensi terus menerus dari pihak rektorat Universitas Batam dan Yayasan Griya Husada, dan yang terpenting adalah berkat dan karunia Tuhan YME. Tanpa unsur – unsur tersebut diatas , mustahil Labkesdu dapat meraih semuanya ini. Berikut adalah daftar prestasi yang telah berhasil dicapai oleh Labkesdu dari 2009 hingga sekarang :

Prestasi Yang Telah Diraih Keterangan
Sebagai Laboratorium Kesehatan Percontohan Bagi PTS Kopertis Wilayah X SK Kopertis Wilayah X 1164.A/010/KL/2009 (Desember 2009 )
Sebagai Tempat Pelatihan dan Pemanggangan Bagi Dosen Kesehatan Kopertis Wilayah X SK Kopertis Wilayah X 1073.A/010/KL/2009 (Desember 2009 )
Sebagai Tempat Penyelenggaraan Workshop Penyediaan Makanan Tambahan Anak Sekolah Direktorat jenderal Manajemen Pendidikan Dasar Dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional Surat No. 847/ C12/TU/2010

( Maret 2010 )

Meraih penghargaan sebagai Laboran Berprestasi Juara I Tingkat Kopertis Wilayah X SK Kopertis Wilayah X 085/010/SK -LL/2011 ( April 2011 )
Meraih penghargaan sebagai Laboran Berprestasi Juara IV Tingkat Nasional SK Direktur Pendidik dan tenaga kependidikan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional

No : 2376/E4.2/2011