UNIVERSITAS BATAM ASAH KEPEDULIAN SOSIAL MAHASISWA


KELUARGA besar Universitas Batam (Uniba) bukan hanya berkosentrasi pada sektor pendidikan semata. Akademisi yang bermarkas di Jalan Abul Yatama Batam Kota tersebut juga tidak henti melakukan pengabdian kepada masyarakat. Apa saja itu?

Sekitar 500 mahasiswa Uniba ditambah dengan sekitar 35 dosen Uniba melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) sekaligus bakti sosial (baksos) di Desa Tiang Wangka dan Desa Rempang Cate, Kelurahan Rempang Cate,Kecatamatan Galang, Sabtu (25/3/2017) mulai pukul 09.00 WIB sampai selesai.

‘’Baksos yang kita lakukan ini sejak 2006 sampai sekarang Ini merupakan satu dari tri darma perguruan tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat. Kita libatkan ratusan mahasiswa, kita asah kepedulian sosial mereka sejak dini,’’ sebut Ketua Dewan Penyantunan Anak Yatim dan Fakir Miskin Uniba, Prof Dr Ir Jemmy Rumengan SE MM yang juga Penasehat Yayasan Griya Husada Batam, Uniba di kampus Uniba, Batam Kota, Senin (27/3/2017).

Jemmy menambahkan, beberapa baksos yaitu dilakukan yaitu membangun bak sampah besar untuk masyarakat Tiang Wangka. Dilanjutkan dengan Penyuluhan Sosial Ekonomi dan Teknologi Tepat Guna.

‘’Kemudian dilakukan Pemetaan Sosial Kemasyarakatan di Rempat Cate. Masih di hari yang sama, dilakukan verifikasi data masyarakat miskin. Tujuannya, dalam waktu dekat akan disalurkan lagi santunan kepada anak yatim piatu yang ada di daerah tersebut dengan data (warga duafa, red) terbaru,’’ papar Jemmy didampingi Wakil Ketua Dewan Penyantunan Anak Yatim dan Fakir Miskin Uniba, Muhammad Tommy Arby Rumengan SE.