KKN MAHASISWA UNIVERSITAS BATAM YANG MEMBUMI DI TANAH MELAYU


Mahasiswa Fakultas Teknik dan Fakultas Eknomi Universitas Batam melaksanakan pengabdian masyarakat Kuliah Kerja Nyata (KKN) dalam Tridharma Perguruan Tinggi ke kampung tua di Desa Tiang Wangsa dan Rempang Cate Pulau Galang, Batam, Sabtu pekan lalu.  

Kegiatan mahasiswa ini langsung dipimpin Prof Dr Jemmy Rumengan, guru besar di Uniba dan Ketua Dewan Pengawas Yayasan Griya Husada (badan hukum Uniba). Salah satu kegiatan mahasiswa di dua desa itu adalah pembuatan data base untuk  penyantunan anak yatim dan fakir miskin.

Prof Jemmy didampingi Warek I Uniba Dr Bambang Satriawan dan Warek III Dr (Can) Dahlan Gunawan, Dekan Teknik (Nurhatisyah Sofany, Msi), Dekan Ekonomi (Dr Chablulah WibisonoMM) serta Kapala Prodi Teknik Mesin, Teknik Sipil, Teknik Elektro, Sistem Informasi. Sejumlah dosen Fakultas Teknik Uniba juga turut serta dalam KKN mahasiswa ini.

Warga Kampung Tua Tiang Wangkang sangat antusias menerima kedatangan para mahasiswa ini. "Para mahasiswa Fakultas Teknik Uniba sangat baik sekali," kata seorang warga. Ia juhga memuji para pejabat Uniba yang ikut terjun langsung ke lapangan.

Prof Jemmy mengatakan kegiatan mahasiswa yang langsung ke kampung tua ini adalah wujud kepedulian institusi kepada lingkungan sekitarnya. "Sengaja saya minta untuk menyentuh kampung tua agar semua kegiatan akademik dapat bersentuhan langsung dengan akar persoalan Batam," katanya.

Bahkan, Prof Jemmy juga mengajak serta "penjaga" adat Melayu dalam kegiatan akademik ini. Di antaranya Pasukan Adat Gagak Hitam (Panglima Udin Pelor), Ketua LAM Batam Kota(Wan Gammal Yardi). 

"Ini berguna agar kita menjadi bagian dari menjaga marwah adat Melayu. Uniba berdiri di tanah Melayu, jadi wajib menjunjung adat yang hidup dan berkembang di tanah Melayu ini," kata Prof Jemmy yang juga adalah Staf Ahli Gubernur Kepri ini. 

Itulah sebabnya, kegiatan KKN mahasiswa ini disebut "Menjurai ke Langit Mengakar ke Bumi dan Menjunjung dan Memikul Adat Tanah Melayu". 

"Dimana bumi di pijak di situ langit dijunjung. Semoga Allah SWT senantiasa mencurahkan rahmat dan hidayahnya bagi kita semua dan memberikan kita semua kekuatan dan motivasi untuk terus berbuat yang terbaik bagi masyarakat," kata Prof Jemmy.