LOMBA DEBAT KONSTITUSI ANTAR MAHASISWA TIM DEBAT UNIBA KE TINGKAT NASIONAL


Tim Debat Fakultas Hukum Universitas Batam (Uniba) berhasil lolos kebabak nasional lomba debat konstitusi antar mahasiswa. Uniba lolos setelah memastikan masuk kebabak perempat final pada lomba tingkat regional di Universitas Jambi (Unja) 30/4 lalu. Sebanyak 8 tim perguruan tinggi yang lolos di babak perempat final secara otomatis mendapat tiket untuk masuk pada lomba tingkat nasional yang akan dilangsung pada 9 - 12 Juni 2015 diPusat Pendidikan Pancasiladan Konstitusi Mahkamah Konstitusi Cisarua, Bogor. Sebanyak 24 tim debat terbaik regional dari seluruh Indonesia akan bertanding pada tingkat nasional. Demikian disampaikan manager sekaligus pembimbing tim debat Uniba Lagat Siadari.

Lomba debat konstitusi antar mahasiswa dibagi menjadi tiga regional, regional barat melingkupi seluruh Sumatera, Jawa Barat dan Tangerang. Regional Tengah DKI Jakarta, Jawa Tengah, DI  Yogyakarta, Kalimantan  Tengah, dan Kalimantan Barat dan Regional Timur meliputi Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara,Kalimantan Selatan,Kalimantan Timur, Kalimantan Utara,Sulawesi,Maluku,dan Papua. Tim Uniba satu-satunya kampus fakultas hokum dari Kepri yang lolos dari babak eliminasi yang diikuti 49 kampus dan hanya 24 tim diantaranya yang dinyatakan lolos dan bertanding di regional barat di Unja 28-30 April lalu. Menurut Lagat Siadari, meskipun baru pertama kali ikut serta dalam tanding debat konstitusi ini, tim Uniba yang terdiri dari Sopandi, Sofumboro Laia dan Serlina Gultom tampil dengan baik dalam babak penyisihan.

Bertanding di grup C, Uniba berhasilkan menang meyakinkan mengalahkan Universitas Eka Saktidari Sumatera Barat dan Universitas Maliku saleh Aceh. Namun harus kalah pada Universitas Bengkulu di babak 8 besar.“ Mengingat mepetnya persiapan, saya hanya menargetkan tim ini lolos ketingkat nasional,” ujar Lagat. Lagat menambahkan bahwa dengan hasil ini tim Uniba menjadi satu-satunya kampus swasta yang lolos dari regional barat sekaligus mewakili Kepri. Kampuslain yang lolos adalah Universitas Andalas, Universitas Sumatera Utara, Universitas Bengkulu, Universitas Padjajaran, Universitas Sriwijaya, Universitas Pendidikan Indonesia Bandung dan UIN Jawa Barat.“ Kami akan mempersiapkan diri sebaik mungkin agar bisa tampil lebih baik lagi nanti meski yang harus dihadapi adalah kampus-kampus hebat di negeri ini,” tambah Lagat Siadari.

Kontributor : Lagat Siadari.