MENGAPA PROF JEMMY GANDENG "PENJAGA" ADAT MELAYU UNTUK KKN UNIBA?


APR 05, 2017 14:59:56

Guru Besar Universitas Batam, Prof Dr Jemmy Rumengan, menyatakan gagasan metode Kuliah Kerja NYata (KKN) dengan menggandeng masyarakat adat jelas sangat beralasan; ingin membumikan ilmu pengetahuan untuk kepentingan publik. 

"Ilmu pengetahuan haruslah sejalan dengan adat dan budaya, jangan terkoptasi pada lingkar kekuasaan untuk keuntungan pribadi dan kelompok. Sebab itu adalah ciri masyarakat yang rusak," katanya kemarin.

Itulah sebabnya, Prof Jemmy yang juga adalah Ketua Tim Pengawas Yayasan Griya Husada (badan hukum Universitas Batam) ini langsung mengomandoi mahasiswa untuk KKN yang membumi dengan adat melayu. 

"Sebab yang kita pijak ini adalah tanah Melayu. Kita harus menjunjung tinggi adatnya, menjaga marwah budayanya, membangun sendi-sendi pendidikan di sini, dan tentu saja tetap mengikuti perkembangan zaman untuk update kemajuan ilmu pengetahuan," katanya. 

Sekitar 500 mahasiswa Uniba ditambah dengan sekitar 35 dosen Uniba melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) sekaligus bakti sosial (baksos) di Desa Tiang Wangka dan Desa Rempang Cate, Kelurahan Rempang Cate,Kecatamatan Galang, Sabtu (25/3/2017).

Bersama para mahasiswa itu, Prof Jemmy didampingi Warek I Uniba Dr Bambang Satriawan dan Warek III Dr (Can) Dahlan Gunawan, Dekan Teknik (Nurhatisyah Sofany, Msi), Dekan Ekonomi (Dr Chablulah Wibisono MM) serta Kapala Prodi Teknik Mesin, Teknik Sipil, Teknik Elektro, Sistem Informasi. 

Prof Jemmy juga mengajak serta "penjaga" adat Melayu dalam kegiatan akademik ini. Di antaranya Pasukan Adat Gagak Hitam (Panglima Udin Pelor), Ketua LAM Batam Kota (Wan Gammal Yardi). 

Prof Jemmy mengatakan ilmu pengetahuan adalah jalan menuju kebahagiaan, adat adalah sarana perekat yang digunakan untuk membahagiakan masyarakat, tujuan Ilmu pengetahuan adalah menciptakan peradaban serta kebahagiaan dan kemaslahatan bersama. 

"Adat Istiadat adalah sarana, bukan tujuan. Masyarakat yang tidak memahami ilmu pengetahuan dan adat serta budaya mereka tidak dapat mencapai kebahagiaan serta tidak dapat saling bekerja sama demi mencapai kebahagiaan itu."

"Sebaik-baik manusia adalah yang membawa manfaat. Ilmu serta adat dan budaya menjadi perekat kita dalam kehidupan berbangsa dan bernegara."

Ia menjelaskan bahwa ilmu diperlukan sebagai bekal untuk memimpin, sedangkan adat diperlukan untuk menggerakkan ilmu sehingga pemimpin dapat berjalan dalam nuansa yang sejuk dan simpatik. 

"Inilah hakekat memikul adat menjunjung marwah, keteladanan, keluwesan (tanah dipijak langit dijunjung). KIta harapkan dinamika polarisasi yang dapat mengisi dan mewarnai pola hidup kita."

Prof Jemmy mengatakan adat dan istiadat serta budaya adalah benteng terakhir dalam menghadapi menghadapi era asimilasi budaya asing yang membawa dampak besar pada perubahan sikap dan moral.  

"Inilah benteng perekat  kita sebagai aktor perubahan (agent of change) menuju tujuan utama yaitu Ilmu dan adat serta budaya melihat esensi hakiki akan membawa perubahan pada masyarakat," katanya. "Tetap semangat dan berjuang terus".

Selain itu, kata Prof Jemmy, agama sebagai pegangan, adat dan marwah sebagai tuntunan terlahir sebagai manisfestasi kebutuhan akan pola dan sistem pendidikan yang sesuai dengan kondisi kekinian.

"Kondisi di mana hajat akan terciptanya sebuah generasi yang tidak hanya mengejar nilai-nilai duniawi tetapi juga tidak menghilangkan nilai-nilai ukhrawi yang tertanam dalam kehidupan sehari-hari," kata Staf Ahli Gubernur Kepri ini lagi.

“Dan tuntutlah dengan apa yang telah diberikan Allah kepadamu kebahagiaan akhirat, dan jangan lupakan bagianmu di dunia, dan berbuat baiklah sebagaimana Allah telah berlaku baik kepadamu, dan jangan membuat kerusakan di muka bumi," katanya. 

Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang merusak (QS Al-Qashash:77)

read more..

UNIVERSITAS BATAM ASAH KEPEDULIAN SOSIAL MAHASISWA


APR 03, 2017 13:21:40

KELUARGA besar Universitas Batam (Uniba) bukan hanya berkosentrasi pada sektor pendidikan semata. Akademisi yang bermarkas di Jalan Abul Yatama Batam Kota tersebut juga tidak henti melakukan pengabdian kepada masyarakat. Apa saja itu?

Sekitar 500 mahasiswa Uniba ditambah dengan sekitar 35 dosen Uniba melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) sekaligus bakti sosial (baksos) di Desa Tiang Wangka dan Desa Rempang Cate, Kelurahan Rempang Cate,Kecatamatan Galang, Sabtu (25/3/2017) mulai pukul 09.00 WIB sampai selesai.

‘’Baksos yang kita lakukan ini sejak 2006 sampai sekarang Ini merupakan satu dari tri darma perguruan tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat. Kita libatkan ratusan mahasiswa, kita asah kepedulian sosial mereka sejak dini,’’ sebut Ketua Dewan Penyantunan Anak Yatim dan Fakir Miskin Uniba, Prof Dr Ir Jemmy Rumengan SE MM yang juga Penasehat Yayasan Griya Husada Batam, Uniba di kampus Uniba, Batam Kota, Senin (27/3/2017).

Jemmy menambahkan, beberapa baksos yaitu dilakukan yaitu membangun bak sampah besar untuk masyarakat Tiang Wangka. Dilanjutkan dengan Penyuluhan Sosial Ekonomi dan Teknologi Tepat Guna.

‘’Kemudian dilakukan Pemetaan Sosial Kemasyarakatan di Rempat Cate. Masih di hari yang sama, dilakukan verifikasi data masyarakat miskin. Tujuannya, dalam waktu dekat akan disalurkan lagi santunan kepada anak yatim piatu yang ada di daerah tersebut dengan data (warga duafa, red) terbaru,’’ papar Jemmy didampingi Wakil Ketua Dewan Penyantunan Anak Yatim dan Fakir Miskin Uniba, Muhammad Tommy Arby Rumengan SE.

read more..

WORKSHOP MENULIS KARYA ILMIAH YANG MENARIK DARI UNIVERSITAS BATAM


APR 02, 2017 07:48:34

Universitas Batam menggelar pelatihan dan workshop penulisan "Karya Tulis Ilmiah dan Pembuatan Buku Ajar" di Kampus Universitas Batam, Batam, pada 21 Maret 2017. 

"Kegiatan ini untuk memotivasi dosen agar memiliki gairah dan self efficacy dalam menulis karya ilmiah," kata Prof Dr Jemmy Rumengan, guru besar Uniba yang juga Ketua Dewan Pengawas Yayasan Griya Husada (badan hukum Uniba).

Prof Jemmy adalah salah satu pembicara utama pada workshop dan penulisan karya tulis ini. Bersama Prof Jemmy, satu nara sumber lagi adalah Joko Irawan Mumpuni (Direktur Utama Penerbit Andi Ofset Jogjakarta.

Sejumlah dosen yang menjadi peserta sangat bersemangat mengikuti workshop ini. Mereka menyimak dengan baik matera yang disampaikan para narasumber. Prof Jemmy dan Joko Irawan membagi trik-trik menulis yang menarik.

read more..

KKN MAHASISWA UNIVERSITAS BATAM YANG MEMBUMI DI TANAH MELAYU


APR 02, 2017 07:19:33

Mahasiswa Fakultas Teknik dan Fakultas Eknomi Universitas Batam melaksanakan pengabdian masyarakat Kuliah Kerja Nyata (KKN) dalam Tridharma Perguruan Tinggi ke kampung tua di Desa Tiang Wangsa dan Rempang Cate Pulau Galang, Batam, Sabtu pekan lalu.  

Kegiatan mahasiswa ini langsung dipimpin Prof Dr Jemmy Rumengan, guru besar di Uniba dan Ketua Dewan Pengawas Yayasan Griya Husada (badan hukum Uniba). Salah satu kegiatan mahasiswa di dua desa itu adalah pembuatan data base untuk  penyantunan anak yatim dan fakir miskin.

Prof Jemmy didampingi Warek I Uniba Dr Bambang Satriawan dan Warek III Dr (Can) Dahlan Gunawan, Dekan Teknik (Nurhatisyah Sofany, Msi), Dekan Ekonomi (Dr Chablulah WibisonoMM) serta Kapala Prodi Teknik Mesin, Teknik Sipil, Teknik Elektro, Sistem Informasi. Sejumlah dosen Fakultas Teknik Uniba juga turut serta dalam KKN mahasiswa ini.

Warga Kampung Tua Tiang Wangkang sangat antusias menerima kedatangan para mahasiswa ini. "Para mahasiswa Fakultas Teknik Uniba sangat baik sekali," kata seorang warga. Ia juhga memuji para pejabat Uniba yang ikut terjun langsung ke lapangan.

Prof Jemmy mengatakan kegiatan mahasiswa yang langsung ke kampung tua ini adalah wujud kepedulian institusi kepada lingkungan sekitarnya. "Sengaja saya minta untuk menyentuh kampung tua agar semua kegiatan akademik dapat bersentuhan langsung dengan akar persoalan Batam," katanya.

Bahkan, Prof Jemmy juga mengajak serta "penjaga" adat Melayu dalam kegiatan akademik ini. Di antaranya Pasukan Adat Gagak Hitam (Panglima Udin Pelor), Ketua LAM Batam Kota(Wan Gammal Yardi). 

"Ini berguna agar kita menjadi bagian dari menjaga marwah adat Melayu. Uniba berdiri di tanah Melayu, jadi wajib menjunjung adat yang hidup dan berkembang di tanah Melayu ini," kata Prof Jemmy yang juga adalah Staf Ahli Gubernur Kepri ini. 

Itulah sebabnya, kegiatan KKN mahasiswa ini disebut "Menjurai ke Langit Mengakar ke Bumi dan Menjunjung dan Memikul Adat Tanah Melayu". 

"Dimana bumi di pijak di situ langit dijunjung. Semoga Allah SWT senantiasa mencurahkan rahmat dan hidayahnya bagi kita semua dan memberikan kita semua kekuatan dan motivasi untuk terus berbuat yang terbaik bagi masyarakat," kata Prof Jemmy.

read more..

LOWONGAN KERJA UNIVERSITAS BATAM


DEC 07, 2016 12:12:01

Universitas Batam (Uniba) merupakan salah satu Universitas ternama di Kepulauan Riau. Berdiri pada tahun 2000, Uniba terus meningkatkan pelayanan baik akademik maupun perkuliahan. Uniba kini sudah berusia 16 tahun dan telah banyak melahirkan alumni alumni yang kini memiliki aktivitas sesuai bidangnya masing - masing. Oleh karena itu demi meningkatkan pelayanan akademik, perkuliahan dan sebagainya. Universitas Batam membuka lowongan pekerjaan untuk Tenaga Pengajar (Dosen).  Adapun 3 lowongan pekerjaan di Universitas Batam yaitu sebagai Dosen di Program Studi Kedokteran, D IV Bidan pendidik dan Keperawatan. Berikut ini data lengkap lowongan Pekerjaan di Universitas Batam :

read more..

BAYAR UANG KULIAH TIDAK PERLU JAUH LAGI


NOV 15, 2016 14:39:05

Di tengah-tengah proses pembangunan gedung baru Universitas Batam, ternyata bank BNI membuka cabangnya di Uniba. Bank BNI Uniba ini sekarang telah selesai pembangunannya dan sudah menjalankan operasi sekitar seminggu yang lalu dan akan berlanjut seterusnya. Bagi mahasiswa sekarang lebih mudah bayar uang kuliah melalui Bank BNI karena ada Bank BNI Uniba yang jaraknya sangat dekat bahkan Bank BNI Uniba satu gedung dengan gedung Uniba.

Di Bank BNI Uniba ini kita akan di layani oleh para teller dan costumer service yang profesional melakukan tugasnya dengan senyum yang tak pernah pudar. Untuk pembayaran atau teller berada di lantai 2, Dan costumer service berada di lantai bawah.

Berikut Liputan Tim RUN :

read more..

PERSYARATAN PENGISIAN KRS UNIVERSITAS BATAM


OCT 24, 2016 11:59:49

Diingatkan kembali, untuk dapat mengisi KRS, anda diwajibkan melunasi SPP bulan Agustus atau melunasinya hingga 1 semester penuh. Dan diwajibkan pula membayar DKM (Dana Kemahasiswaan) sebesar Rp100.000 ke rekening BNI berikut 555-5530-086 an Yayasan Griya Husada qq Universitas Batam.

Batas pengisian KRS jatuh pada tanggal 8 Agustus 2016 hingga 14 September 2016.

Untuk pengisian KRS silahkan kunjungi link berikut :

mahasiswa.univbatam.ac.id

read more..

TATA CARA PEMBAYARAN UANG KULIAH DI UNIVERSITAS BATAM


OCT 21, 2016 10:15:59

Sekarang mahasiswa maupun mahasiswi Universitas Batam (Uniba) tidak harus menggunakan slip setoran apabila akan melakukan pembayaran kuliah di Bank BNI, cukup dengan menyebutkan Nomor Induk Mahasiswa (NIM) kepada teller. Begitupun ketika melakukan pembayaran melalui ATM, mahasiswa maupun mahasiswi cukup mengetikkan kode lembaga pendidikan untuk Universitas Batam diikuti dengan Nomor Induk Mahasiswa (NIM) di ATM kemudian total pembayaran yang harus di bayar otomatis akan muncul di layar ATM.

Berikut tata cara lengkap sistem pembayaran untuk mahasiswa dan mahasiswi Uniba : 

read more..

UNIVERSITAS BATAM TERUS MENINGKATKAN FASILITAS KAMPUS


OCT 11, 2016 13:40:20

Kendati kini Universitas Batam (Uniba) menjadi kampus yang terlengkap sarana dan prasarananya di wilayah Kepulauan Riau, pengelola Universitas Batam tak berpuas diri. Berbagai pengembangan fasilitas sarana akademik dan penunjang perkuliahan terus dilakukan mulai dari gedung kuliah, asrama untuk mahasiswa dan mahasiswi hingga rencana di bangunnya rumah sakit sebagai sarana praktek mahasiswa dan mahasiswi fakultas kedokteran Uniba.

Saat ini proses melengkapi sarana akademik dan penunjangnya terus dibangun seperti pembangunan tempat perkuliahan yang baru, pengembangan perpustakaan yang lebih memadai, tempat laboratorium yang jauh lebih lengkap dan sebagainya. Bahkan, di pintu utama masuk kampus sedang dibangun sebuah rumah sakit berlantai 12 untuk mendukung Fakultas Kedokteran Universitas Batam. Di kiri kanan bangunan rumah sakit dibangun gedung-gedung penunjang akademik lainnya, termasuk di antaranya adalah apartemen untuk para pengajar dan pemukiman untuk para mahasiswa yang ingin tetap berada di lingkungan kampus selama menempuh pendidikan.

Bila berkunjung ke Universitas Batam, maka sedang terlihat pembangunan yang sedang berlangsung.

read more..

PENGUMUMAN DAFTAR MAHASISWA YANG MENDAPATKAN BEASISWA DARI UNIBA


AUG 13, 2016 15:39:13

Universitas Batam Tahun ini kembali memberikan beasiswa berupa beasiswa peningkatan prestasi akademik kepada mahasiswa dan mahasiswi di beberapa prodi. Adapun salah satu penilaian dari penerima beasiswa ini adalah mahasiswa dan mahasiswi yang memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) diatas 3. Selamat kepada mahasiswa dan mahasiswi penerima beasiswa yang tercantum namanya sebagai penerima beasiswa tahun ini.

Untuk itu kepada mahasiswa penerima beasiswa PPA harap menemui saudara Fendi Hidayat. ST, M.Kom di ruang Sekretariat Rektorat paling lambat 12 Agustus 2016 (09.00 s/d 15.30 WIB) karena ada berkas dari Kopertis yang harus ditandatangani.

Berikut daftar namanya:

read more..